Fatal error: Call to undefined function mb_substr()

Hari ini, saya hendak memindahkan website saya ke mesin yang baru. Website ini memakai Joomla sebagai CMSnya dan FreeBSD sebagai OS dari server saya. Namun setelah proses pemindahan selesai, pada saat saya akses webnya, muncul error seperti gambar dibawah ini:

bapsik copy

Setelah bertapa pada mbah gugel😀, ternyata mb_string dari mesin saya belum terinstall. Oleh karena itu, maka mb_string harus di install lagi.

Mesin server saya memakai FreeBSD sebagai OSnya, dan mbstring adalah salah satu extensions dari PHP yang harus di konfig terlebih dahulu sebelum di install. Adapun cara confignya adalah:

Masuk ke direktory PHP, dengan cara ketik perintah:

root@bapsik: / # cd /usr/ports/lang/php53-extensions/

Kemudian lakukan konfigurasi untuk memilih paket2 yang akan install dengan cara:

root@bapsik:/usr/ports/lang/php53-extensions # make config

Maka akan muncul layar seperti dibawah ini, dan pilih/centang MBSTRING untuk ikut serta di install:

bapsik

Kemudian, ketik perintah install:

root@bapsik:/usr/ports/lang/php53-extensions # make install clean

Tunggu proses selesai, dan restart apache2. Website sudah bisa diakses.

Selesai.

Leave a Reply

