Cara install Trixbox CE sebagai Voip Server

Voip merupakan salah teknologi berkomunikasi yang efektif berbasis jaringan internet. Definisi Voip itu sendiri adalah berbagi suara yang dikirim melalui protokol internet (IP). Namun seiring berkembangnya teknologi, maka sekarang Voip juga bisa video calling.

Adapun salah satu tool untuk membuat server Voip adalah Trixbox yang dikembangkan oleh Fonality. Trixbox dikembangkan dengan basis CentOS. Berbeda dengan Asterisk yang ribet dengan banyaknya konfigurasi, Trixbox dikembangkan untuk solusi komunikasi terintergrasi menggunakan Voip. Trixbox CE (Community Edition) merupakan edisi gratis dari Trixbox Pro. Trixbox CE mempermudah instalasi dan konfigurasi Asterisk sebagai Voip server dengan menyediakan antarmuka berbasis web yang lebih bersahabat dengan pemula.

Instalasi

Pertama Unduh ISO image Trixbox CE dari situs Trixbox. Kemudian bakar ke CD-ROM atau gunakan virtual machine.

Boot dari CD, maka akan muncul tampilan pertama Trixbox CE.

Tekan tombol Enter untuk langsung masuk menu installer.

0

Berikutnya, pilih jenis keyboard yang anda pakai. Di Indonesia khususnya, biasanya menggukanan jenis us. Tekan tombol Tab untuk menyorot OK. dan tekan Enter.

kibor

Pilih zona waktu Asia/Jakarta untuk WIB. Pilih OK lalu Enter.

1

Selanjutnya masukkan password untuk root yang merupakan satu-satunya user yang dibuat dalam proses instalasi Trixbox CE.

2

Kemudian tunggu proses instalasi sampe selesai.

3

Semua partisi akan dikonfigurasi secara otomatis oleh sistem.

4

Setelah selesai instalasinya, Trixbox CE akan otomatis reboot ke sistem baru. Saat startup akan tampil GRUB, biarkan secara default untuk masuk ke sistem Trixbox CE.

6

Servis-servis startup.

5

Secara default IP Trixbox CE dikonfigurasi ke mode DHCP, anda dapat menyeting IPnya sesuai dengan jaringan ditempat anda dengan cara merubah IP static CentOS.

6,5

Login dengan menggunakan username dan password saat instalasi tadi. Instalasi selesai.

Selanjutnya, anda dapat mengkonfigurasi VOIP server anda menggunakan browser dengan cara akses alamat IP dari Trixbox CE.

Leave a comment